10/29/2016

Hidup dalam Persatuan

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga

RHK Sabtu, 29 Oktober 2016
1 Korintus 1:9

Pada hari kemarin kita memperingati Hari Sumpah pemuda dimana semangat pemuda-pemuda ini ternyata menjadi inspirasi bagi rakyat Indonesia untuk bersatu berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Adapun Isi Sumpah Pemuda adalah “Bertanah air satu tanah air Indonesia, Berbangsa satu bangsa Indonesia, Berbahasa satu Bahasa Indonesia”. Semangat kesatuan dari sumpah pemuda telah menyatukan perbedaan antara suku di negara Indonesia. Hal yang sama juga pernah diucapkan oleh para pejuang dalam merebut kemerdekaan Indonesia yaitu: “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Firman Tuhan hari ini juga mengangkat tentang pen-tingnya persatuan itu. Dalam hal ini persatuan lebih diarahkan kepada Tuhan Yesus Kristus. Ia adalah Kepala dari satu tubuh, sedangkan kita adalah anggota dari tubuh itu yakni gereja Tuhan. Dengan demikian kita tidak boleh terpisahkan dari tubuh Kristus, kita boleh berbeda pendapat tetapi kita harus satu visi dalam pelayanan bersama Krisus.

Sebagai keluarga Kristen kita harus hidup bersama dengan Kristus, kita tidak boleh memisahkan diri dari Kristus sebab jika kita memisahkan diri maka kita akan menderita. Yohanes 15:5 “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam Dia. Ia berbuah banyak sebab di luar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa”. Dengan hidup bersama Kristus akan membuat keluarga Kristen berbuah bagi Allah. Amin.

Doa: Ya Tuhan buatlah kami tetap teguh dalam persatuan sebagai suatu bangsa yang Engkau persatukan untuk menjadi berkat bagi semua orang. Amin.





Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon