10/11/2016

Jabatan adalah Anugerah Tuhan

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga

RHK Selasa, 11 Oktober 2016
 Yesaya 22:19

Jabatan apapun dalam hidup kita adalah “anugerah” Tuhan. Sebab Tuhan mengaruniakan bermacam-macam karunia untuk kita pergunakan mencapai tujuan yang baik. Tiap jabatan  adalah sebuah tanggung jawab di mana kita bekerja dan berada. Jabatan tidak membedakan atasan atau bawahan, sebab yang membedakan hanya karakteristik dari tugas yang kita terima dan semuanya itu harus dipahami sebagai karunia. 

Bila kita melakukan dan mempergunakan jabatan itu dengan baik maka hasil yang baik akan kita dapati, tetapi kalau jabatan itu disalahgunakan untuk kepentingan diri sendiri atau untuk kehormatan dan kekayaannya, maka sesuatu yang buruk pasti terjadi. Seperti yang dialami oleh “Sebna” kepala istana raja yang telah salah mempergunakan jabatannya, sehingga Yesaya menegur dengan keras, bahwa jabatannya akan dilemparkannya bahkan pangkatnya akan dijatuhkan. 

Tetapi dalam realitas kita, ada fenomena “pejabat makan pejabat”, yaitu jabatan dijadikan lahan untuk kepentingan kekuasaan yang menggunakan “pejabat pejabat” yang loyal untuk dijadikan sapi perah. Alangkah celaka bila kekuasaan bersedia diperas bahkan siap menjadi benteng pertahanan menghadapi segala sesuatu demi ABS (Asal Bos Senang). 

Yesaya dengan tegas dan keras menegur kepala istana (pejabat) kerajaan. Tanpa takut dan gentar serta tidak berkompromi dengan jabatan yang dipakai untuk tujuan kekuasaan. Yesaya tampil membawa suara kritis profetis, begitu juga kita harus bersikap ya di atas kebenaran dan tidak bagi yang salah..! Amin.

Doa: Kepada–Mu ya Tuhan sumber segala hikmat berilah kami Roh keberanian dan takut akan Tuhan. Amin.





Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon