10/04/2016

Kesatuan Hati sebagai Pengikat Persekutuan

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga

RHK Selasa, 4 Oktober 2016
 Yohanes 6:52

Di mana-mana tempat, kita sering menemukan keinginan orang membentuk kelompok kerukunan, baik keru-kunan satu keluarga, satu daerah atau lainnya. Tetapi bukankah kita banyak melihat dan mengetahui, bahwa membentuk kelompok kerukunan, itu justru membuat mereka tidak rukun. Kenyataannya sebelum mereka membentuk kerukunan, mereka hidup dengan akrab dan baik, tetapi setelah terbentuk kerukunan justru mereka bermusuhan.

Memang gambaran di atas tidak terjadi di semua kelom-pok kerukunan, hanya pada beberapa kelompok saja, seba-gaimana yang dialami di antara orang Yahudi yang menyebabkan pertengkaran karena tidak memahami apa yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya seseorang memahami setiap akar persoalan sehingga terhindar dari berbagai pertengkaran. Karena itu penting sekali dalam setiap kelompok membangun pengertian dan pemahaman bersama untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

Keluarga Kristen sangat membutuhkan kebersamaan itu dalam membangun suatu keluarga yang bahagia, sebab kemungkinan ada di dalam berbagai persoalan serta perbedaan pendapat sering terjadi. Tetapi jika di dalam keluarga itu memiiki kesatuan hati dengan bimbingan Roh Kudus maka keluarga Kristen akan terhindar dari berbagai perpecahan. Amin. 

Doa: Tuhan Yesus, tolonglah kami agar kami dapat membentuk kesatuan hati, agar kami dapat membangun persekutuan hidup yang saling mengikat dalam kasih, baik di lingkungan keluarga kami, maupun dalam hubungan dengan sesama kami. Amin.



Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon