10/31/2016

Menanggalkan Manusia Lama Menjadi Manusia Baru

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga

RHK Senin, 31 Oktober 2016
Kolose 3:8-10

Semua orang pada hakekatnya ingin hidup secara baik dan benar, tetapi dalam realita banyak yang hidup justru sebaliknya. Banyak cara yang telah dilakukan dengan berbagai metode pendidikan dan pelatihan seperti pendidikan budi pekerti, kursus kepemimpinan dan hal-hal lain yang terkait dengan pembentukan karakter yang baik. Tetapi tetap saja belum maksimal, karena pada intinya orang harus hidup dalam pembaharuan jika ingin mendapatkan hidup yang baik dan benar.

Dalam Alkitab, hidup yang baik dan benar disebut sebagai  cara hidup yang baru, sedangkan sebaliknya disebut sebagai  cara hidup yang lama yakni: marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulut. Semua ini harus dibuang jika ingin hidup baru. Demikianpun jangan saling mendustai satu sama lain karena hal ini adalah juga bagian dari perilaku hidup manusia lama.

Menanggalkan manusia lama dan menjadi manusia baru harus kita usahakan. Hal ini harus dimulai dari hati yakni hidup dalam pertobatan. Jangan lagi ada amarah di antara kita. Demikianpun geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor termasuk suka memaki. Jika kita hidup sebagai manusia baru, pasti kita hidup rukun dan damai sebagai keluarga Kristen, maka berkat-berkat Tuhan pasti mengalir dalam keluarga kita. Amin.

Doa : Bapa di sorga, kami rindu untuk hidup sebagai manusia baru yang terus dibaharui oleh firman-Mu. Tolonglah kami untuk meninggalkan cara hidup manusia lama dan hidup sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.




Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon