10/21/2016

Penghukuman

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
RHK Jumat, 21 Oktober 2016
Yeremia 12:14

Ada ungkapan yang berkata "lebih baik cambuk pengajaran yang menyakitkan namun menghidupkan daripada belaian kasih yang membinasakan". Perkataan ini mau melukiskan tentang dampak dari suatu penghukuman itu. Dimana pengajaran atau penghukuman sebenarnya harus dilihat sebagai suatu yang akan menolong bukan untuk menyengsarakan.

Allah menghukum umat Yehuda karena perbuatan dosa mereka bukan semata-mata untuk menghancurkan mereka tapi justru untuk menolong mereka. Memang disadari kita akan begitu sulit menerima penghukuman Allah itu sebagai sesuatu yang baik, sebab konsep kita selalu melihat penghukuman itu adalah sesuatu yang buruk. Belajar dari firman ini kita dituntut untuk mulai belajar menerima apa yang dilakukan Tuhan kepada kita.

Karena itu sebagai keluarga kristen kita harus selalu memahami bahwa segala tindakan kita selalu diawasi oleh Tuhan, jika kita berbuat benar kita diberkati Tuhan, sebaliknya jika kita berbuat dosa kita pasti akan dihukum Tuhan. Sebab Tuhan tidak pernah kompromi dengan umat yang melakukan dosa, sebagaimana bangsa Yehuda dihukum Tuhan karena mereka melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kehendakNya. Oleh sebab itu sebagai keluarga kristen kita harus selalu melakukan hal-hal yang justru menyenangkan hati Tuhan. Amin.

Doa: Ya Tuhan ajarilah kami untuk hidup melakukan kehendak-Mu dan hindarkan serta lindungi kami dari sikap hidup yang tidak benar, supaya kami terhindar dari  penghukuman-Mu. Amin.





Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon