10/31/2016

Rabbi Besar Israel Mengatakan 2016 “Waktu yang Baik” Untuk Kedatangan Messias

GoInspirit-Nubuat
GoInspirit-Rabbi Shalom Berger, Rabbi Chaim Kanievsky

Sabtu malam, 16 Juli 2016, Rabbi Shalom Berger, pemimpin spiritual sekte Mishkoltz dari Yahudi Orthodox Hassidic, mengunjungi Rabbi Chaim Kanievsky, salah satu pimpinan rabbi generasi ini.

Kerumunan orang banyak menyaksikan pertemuan kedua tokoh besar otoritatatif Torah ini. Rabbi Berger membawakan salinan bukunya mengenai bagian dari Talmud (Hukum Lisan) berkenaan dengan Shabbat sebagai hadiah bagi Rabbi Kanievsky, yang mempelajari beberapa halaman dan mendorong dia untuk menulis lebih banyak buku seperti ini lagi.

Rabbi Berger lalu bertanya kepada Rabbi Kanievsky, “Apakah benar tahun ini secara khusus ‘kesempatan yang baik’ untuk kedatangan Messias?”

Rabbi Kanievsky menjawab tanpa ragu, “Tentu saja, tahun 5776, dalam huruf Ibrani (תשע”ו) dieja ‘keselamatan’.”

Rabbi Yosef Berger, anak dari Mishkoltz Rabbi Shalom Berger dan rabbi dari Makam Daud di Yerusalem, beranggapan bahwa Rabbi Kanievsky ada pada tingkat rohani yang tinggi mendekati nubuatan, yang oleh para sarjana Yahudi disebut ruach hakodesh (Roh Kudus). “Dia sudah berbicara mengenai Messias tahun ini dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya,” katanya.

Rabbi Berger bertanya kepada Rabbi Kanievsky apa yang harus dilakukan untuk bersiap menghadapi kedatangan Messias? Rabbi Kanievsky memberikan jawaban singkat, “Tunggu.”

“Sekarang,” kata Rabbi Kanievsky, “Apa yang dapat dilakukan adalah mengantisipasi kedatangan Messias secara tiba-tiba.”

“Lihatlah Aku menyuruh utusan-Ku dan dia akan mempersiapkan jalan di hadapan-Ku. Dan dengan tiba-tiba Tuhan yang sedang kamu cari, akan datang ke dalam bait-Nya, yaitu Utusan Perjanjian (Ibrani: mal’ach habberit; Malaikat Perjanjian) yang kamu rindukan. Lihatlah Dia sudah datang,” YAHWEH Tsebaot berfirman.

Maleakhi 3:1,2 (ILT) Tetapi siapakah yang dapat bertahan pada hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri pada saat penampakan-Nya? Sebab, Dia seperti api tukang pemurni dan seperti sabun tukang penatu.

Gematria Tahun Ibrani 5776

Tahun Ibrani 5776 akan berakhir pada Erev Rosh Hashana, Minggu petang, tanggal 2 Oktober 2016.

Namun ada baiknya melihat kembali makna yang terkandung di dalam tahun Ibrani 5776.

Rabbi Jonathan Kligler, memberi penjelasan mengenai tahun Ibrani 5776,

Tidak ada angka numerik dalam Ibrani kuno. Huruf Ibrani mendahului terciptanya sistem desimal yang kita kenal sebagai angka numerik Arabik. Karena itu, nilai-nilai numerik diwakili oleh huruf-huruf Ibrani. (Ini sama dengan sistem numerik Romawi, yang memakai huruf-huruf untuk mewakili angka numerik.) Setiap huruf dalam alfabet Ibrani memiliki nilai numerik:

GoInspirit-Standard Gematria
Standard Gematria
Jadi setiap kata dalam Ibrani memiliki nilai numerik, selain dari arti linguistiknya. Dalam tradisi Yahudi, selain mencari hubungan bahasa di antara kata-kata Ibrani, kita juga mencari hubungan numeriknya. Ini membentuk interpretasi yang dikenal sebagai Gematria. Karena huruf-huruf Ibrani memiliki nilai numerik dasar, Gematria mencari kata-kata dan frase kata yang memiliki nilai numerik sama, dan kemudian mencari turunan arti tambahan dan hubungan di antara kata-kata dan frase kata yang memiliki nilai numerik yang sama.

Mengikuti tradisi Yahudi ini, 5776 dalam Ibrani dituliskan sebagai ת=400 + ש=300 + ע=70 + ו=6, totalnya 776 (תשע”ו). (Satuan 5.000 biasanya tidak ditulis, dengan asumsi kita dapat mengingat di dalam milenium mana kita hidup. Angka-angka dibedakan dari kata-kata dalam Ibrani dengan menggunakan tanda pagar.)

Huruf-huruf yang mewakili tahun Ibrani dikombinasikan dan dipermutasi untuk membentuk kata-kata dan frase kata yang berbeda.

Tahun Ibrani  תשע”ו  tereja menjadi sebuah kata תִשׁעוּ – Tish’u, yang artinya, “berpaling ke arah, pandang kepada, perhatikan, pertimbangkan, amati, lihat.” Tish’u merupakan gabungan suatu perintah, secara jamak. Kita semua diberi pesan. Pada tingkatan individu, artinya, “perhatikan hidupmu, amati itu, awasi itu. Jangan memalingkan muka dari kesulitan. Dengan keteguhan iman hadapi itu semua. Pada tingkatan kolektif, pesannya sama, “Dunia kita sedang bergerak meluncur cepat ke masa depan yang tidak diketahui. Ini bisa amat sangat membingungkan dan bahkan menakutkan. Namun demikian, jangan sembunyikan kepalamu di dalam pasir. 5776 memanggil kita semua untuk memperhatikan dunia, dan bukan berpaling dari padanya.

Tingkatan berikutnya dari gematria memberikan petunjuk lebih lanjut. Jika huruf-huruf tersebut disusun, tahun  תשע”ו  dapat dibentuk kata תַעֲשׁוּ ta’asu: “perbuatlah, lakukan.” Ini juga merupakan bentuk perintah kolektif. Jadi jika sebelumnya tahun 5776 memanggil kita untuk berpaling ke arah, perhatikan, pertimbangkan dan amati dunia di sekitar kita, kita kemudian dipanggil untuk bertindak. Bukan tindakan tanpa arah, namun tindakan yang dipertimbangkan.

Pada tingkatan lain gematria, bisa dibentuk kata Ibrani lain dengan nilai yang sama. שְׁלֵמוּת shlemut memiliki nilai gematria 776, sama dengan תשע”ו. Shlemut artinya “utuh, lengkap, penuh, genap.” Itu berasal dari akar kata yang sama dengan  שָׁלוֹם shalom. Akar kata “shalom” dalam Ibrani artinya kesempurnaan, lengkap, genap, utuh, komplit. Jadi tahun 5776 memiliki arti:

תִשׁעוּ Tish’u – berpaling, pandang, perhatikan, awasi dunia di sekitarmu; תַעֲשׁוּ Ta’asu – lakukan tindakan bijaksana;  שְׁלֵמוּת Shlemut – pertimbangkan bagaimana mendatangkan damai sejahtera kepada dunia melalui perbuatanmu.

Jadi tahun 5776 bisa diartikan:

תִשׁעוּ Tish’u – berpaling, pandang, perhatikan dunia di sekitarmu,

תַעֲשׁוּ Ta’asu – ambil tindakan bijaksana,

שְׁלֵמוּת Shlemut – pertimbangkan bagaimana membawa damai sejahtera ke dunia melalui perbuatanmu.








Source: kitabhenokh.wordpress.com


EmoticonEmoticon