11/03/2016

Dipanggil Menjadi Satu Tubuh

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga

RHK Kamis, 3 November 2016
Kolose 3:15 

Kehidupan berkeluarga semakin hari semakin mendapatkan tantangan yang luar biasa. Banyak keluarga Kristen yang terus bertahan sampai akhir hayat. Tetapi tidak sedikit keluarga yang berakhir dengan kekecewaan dan rasa putus asa. Apa penyebabnya? Antara lain karena apa yang diharapkan sebelum menikah ternyata tidak sesuai dengan kenyataan, misalnya kelakuan pasangan hidup ternyata berbeda dengan waktu pacaran, dulunya sabar dan penuh kasih serta perhatian, tetapi kini menjadi kasar dan suka menyakiti, dulunya suka membagi perasaan, termasuk suka duka dalam hidup, tapi kini menjadi egois, suka menang sendiri dan suka menyalahkan orang lain. Demikianpun dengan berbagai alasan dan sebab,  sikap anak-anak terhadap orang tua sering menunjukkan ketidak dengar-dengaran dan suka memberontak. Akibatnya orang tua sering merasa kecewa dan putus asa. Harapan untuk mendapatkan anak-anak yang patuh dan hormat terhadap orang tua, ternyata sebaliknya dalam kenyataan berbeda dengan dambaan.

Jika kita belajar dari bagian Alkitab ini, maka hidup berjemaat,  termasuk berkeluarga, yang dikaruniakan Tuhan adalah panggilan iman. Artinya, jemaat dan keluarga yang terbentuk itu adalah anugerah Tuhan, supaya tetap menjadi satu sekalipun berhadapan dengan berbagai tantangan, cobaan dan godaan hidup. Kekecewaan boleh datang karena berhadapan dengan realita yang tidak sesuai kenyataan, tapi hal ini tidak boleh menjadi alasan perpecahan apalagi perpisahan. Apa yang dipersatukan Allah harus dihormati, karena kita dipanggil menjadi satu tubuh untuk hidup dalam damai sejahtera.  Oleh sebab itu mari kita bersyukur dan hidup dalam damai sejahtera sebagai jemaat dan sebagai keluarga Kristen. Amin.

Doa: Tuhan Yesus, terima kasih Engkau telah memper-satukan kami, baik sebagai jemaat dan sebagai keluarga. Kiranya kami selalu bersyukur dan hidup dalam damai sejahtera dengan tuntunan Roh-Mu yang Kudus. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa pada-Mu. Amin.






Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon