11/17/2016

Jangan Memandang Rendah, RHK Kamis 17 November 2016

GoInspirit-Renungan Harian keluarga
GoInspirit-Renungan Harian keluarga

RHK, Kamis 17 November 2016
Obaja 1:11-12

Senang lihat orang susah dan susah lihat orang senang, itulah sikap yang ditunjukkan oleh Bangsa Edom. Ketika musuh Israel menjarah kekayaan Yerusalem dan orang-orang asing memasuki pintu gerbangnya untuk bersama menyerang dan menjarah mereka, Bangsa Edom malah berlaku seperti mereka. Sepertinya mereka ikut senang melihat bangsa Israel yang sedang kesusahan.

Mereka juga memandang rendah bangsa Israel yang sedang terlilit masalah besar itu. Mereka tidak menganggap apa-apa lagi Israel karena kemalangan yang menimpanya itu.

Tuhan pun mengingatkan agar Bangsa Edom tidak memandang rendah bangsa Israel dalam kemalangannya dan bersukacita atas kejatuhan Yehuda pada masa-masa sulitnya itu. Sebab meski bangsa Israel mengalami pergumulan hebat, tetapi Tuhan tetap akan mengangkat umat-Nya dari ketertindasan dan ancaman musuh-musuhnya.

Kita pun diingatkan bahwa sebagai umat Tuhan kita jangan mencela atau menghakimi orang-orang yang sedang dalam pergumulan atau masalah. Tapi kita justru harus mendoakan dan menolong mereka. Membantu mengangkat mereka dari keterpurukan. Jangan ada iri dan dengki sebagai wujud dari hati yang angkuh, tapi kita harus mengulurkan tangan bagi mereka yang butuh pertolongan. Sebab inilah yang dikehendaki Tuhan untuk kita lakukan terhadap sesama kita. Tuhan memberkati kita. Amin. 

Doa: Tuhan mampukanlah kami untuk menolong orang yang sedang dalam kesusahan dan ajar kami selalu mengasihi sesama dan menjauhkan sikap yang sombong. Amin.





Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon