11/18/2016

Jangan Menindas Orang yang Menderita, RHK Jumat 18 November 2016

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga

RHK Jumat, 18 November 2016
Obaja 1:13-14

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Begitulah inti isi bacaan kita hari ini berkaitan dengan perlakukan bangsa Edom terhadap umat Israel yang sedang menderita akibat serangan Filistin dan bangsa Arab. Edom masih menganggap bahwa malapetaka yang menimpa Israel itu ringan. Mereka ikut merenggut/menjarah kekayaan Yerusalem (ayat 13). Bahkan mereka ikut melenyapkan orang-orang Israel yang luput dari serangan Filistin dan Babel serta menyerahkan orang-orang Israel yang sudah menderita itu kepada bangsa Filistin.

Bangsa Edom sepertinya menari-nari di atas penderitaan umat Tuhan (Israel). Ini tentunya suatu kekejian bagi Tuhan. Tuhan tidak mau Edom beria-ria atas penderitaan dan kesusahan yang dialami Israel. Karena itu, Tuhan mengingatkan agar bangsa Edom jangan turut membantu menindas umat Israel yang sudah menderita. Sebab ini membuat penderitaan umat keturunan Yakub ini lebih menderita lagi.

Seruan Tuhan melalui Nabi Obaja tidak dihiraukan Bangsa Edom. Karena itu, Tuhan menghukum bangsa Edom setimpal dengan perbuatannya. Bahkan Tuhan melenyapkan bangsa Edom. Tuhan menghendaki agar kita umat-Nya tidak boleh saling menindas. Apalagi terhadap orang yang sedang menderita, kita harus saling menolong satu dengan yang lain. Sebab itulah yang dikehendaki-Nya bagi kita. Jadilah berkat bagi sesamamu. Amin. 

Doa: Ya Tuhan, berkenanlah Engkau menolong agar kami tidak menindas sesama kami, terutama mereka yang menderita. Tapi biarlah tangan kami terulur menolong mereka. Amin.






Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon