11/14/2016

Keangkuhan akan Menjatuhkan, RHK Senin 14 November 2016

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
RHK Senin, 14 November 2016
 Obaja 1:3-4

Keangkuhan adalah awal dari kejatuhan dan kehancuran. Kalau kita memelihara cara hidup yang sombong itu sama artinya kita sedang menanam bibit-bibit kehancuran. Itulah yang dialami oleh bangsa Edom. Dalam bacaaan kita hari ini Tuhan mengingatkan bangsa Edom keangkuhan hatinya akan menjadi perangkap bagi dirinya sendiri. Sekalipun mereka (bangsa Edom) berlindung di tempat yang tinggi yang kemudian membuat dia menjadi sombong karena ketinggianya itu, karena Tuhan akan menyatakan keadilan-Nya dan menjatuhkannya dari ketinggianya.

Sebagai umat Tuhan, kita semua harus sadar bahwa hidup kita adalah anugerah Tuhan, kalau kita sedang bersukacita jangan membusungkan dada (menjadi sombong) dan meng-hinakan mereka yang sedang dalam penderitaan/pergumulan. Sebab Tuhan membenci orang sombong. Tuhan akan meren-dahkan orang-orang yang tinggi hatinya dan congkak, Tuhan akan mengangkat mereka yang hancur dan membalut luka mereka dengan tangan kasih-Nya.

Orang yang angkuh, akan diperdaya oleh keangkuhannya. Bahkan dihancurkan oleh sikapnya itu. Keangkuhan seperti yang ditunjukan oleh Bangsa Edom mengakibatkan mereka dibenci oleh Tuhan.

Karena itu, sebagai satu keluarga kita semua harus menjauhkan diri dari sikap angkuh atau sombong, supaya tidak dibenci oleh Tuhan, sebaliknya mari kita selalu rendah hati dan mengikuti kehendak-Nya supaya kita diberkati oleh Tuhan. Amin.

Doa: Ya Tuhan, jauhkanlah keluarga kami dari sikap angkuh, tapi ajarlah kami untuk selalu rendah hati dan saling menghargai dalam mengiring-Mu. Amin.





Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon