11/16/2016

Penindas akan Dilenyapkan, RHK Rabu 16 November 2016

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga


RHK Rabu, 16 November 2016
 Obaja 1:8-10

Sikap angkuh, membuat bangsa Edom lupa diri. Mereka merasa bahwa bangsa Israel yang telah jatuh ke tangan musuhnya sebagai bentuk kemenangan mereka dan itu membuat mereka jadi tinggi hati. Bahkan ketika bangsa Israel sudah terdesak, mereka ikut menjarah. Tidak hanya itu, orang-orang Israel yang luput dari penyerbuan, mereka celakai. Mereka menindas dengan sangat bangsa Israel yang sedang menderita.

Karena sikap dan perilaku yang congkak itu, maka Tuhan menyatakan akan melenyapkan orang-orang bijaksana dari Edom dan pengertian dari pegunungan Esau. Juga para pah-lawan Edom akan tertegun, sehingga semua orang di pegunungan Esau lenyap terbunuh.

Bahkan Tuhan menegaskan lagi bahwa karena kekerasan terhadap saudaranya Yakub (bangsa Israel), maka celaka meliputi mereka, dan akan dilenyapkan untuk selama-lamanya.

Yah, karena kejahatannya itu, Edom akan dilenyapkan. Kesombongan yang tak terkendali membuat bangsa Edom berlaku sewenang-wenang kepada umat Israel itu, maka mereka menerima ganjaran yang setimpal, yaitu dilenyapkan dari muka bumi. Tidak akan ada lagi keturunan Esau.

Tuhan membenci orang yang sombong namun menga-sihi orang yang lemah dan tak berdaya yang tetap mengandalkan-Nya. Karena itu, marilah kita selalu mengikuti kehendak-Nya dan menjauhkan diri dari perilaku sebagaimana yang ditunjukan oleh bangsa Edom. Amin.

Doa: Tuhan Yesus bimbinglah kami untuk selalu rendah hati dan tetap teguh berpegang pada kehendak-Mu. Amin.




Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon