11/04/2016

Perkataan Kristus sebagai Dasar Berkomunikasi

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga

RHK Jumat, 4 November 2016
Kolose 3:16

Berbagai alasan sering dikemukakan oleh sebagian keluarga Kristen sebagai penyebab sulit menikmati damai sejahtera dalam hidup berkeluarga. Salah satu alasan penting yang sering menjadi sumber masalah adalah tidak adanya komunikasi yang baik satu sama lain dalam keluarga. Setiap anggota mempunyai kesibukan masing-masing. Suami bekerja, isteri terlibat aktif dalam berbagai kegiatan, anak-anak sibuk bermain, bersekolah dan berbagai aktifitas lainnya hingga hampir tidak ada waktu untuk bercerita, bersenda gurau dan rekreasi bersama. Bahkan berdoa dan beribadah bersama hampir tidak ada kesempatan lagi. Kalaupun ada komunikasi dalam keluarga sering terasa hambar, tidak menyentuh aspek perasaan dan kebutuhan emosional rohani, karena semua tenggelam dalam kesibukan masing-masing. Tak heran banyak keluarga yang kelihatan utuh tapi tidak hidup dalam damai sejahtera.

Pembacaan Alkitab ini mengajar kita, supaya perkataan Kristus (Firman-Nya) diam, atau tinggal dalam hati  dan di antara kita, supaya saling mengajar. Artinya saling memberi pengertian dan juga menegur; maksudnya menyapa dan saling mengoreksi terhadap sesuatu yang salah. Inilah yang dimaksud dengan membangun komunikasi dalam keluarga yang didasarkan pada perkataan atau kehendak Tuhan. Semoga semua ini dapat kita praktikkan dalam keluarga kita. Amin.

Doa: Tuhan Yesus terima kasih buat Firman-Mu. Mampukan kami untuk membangun komunikasi dalam keluarga berdasar-kan firman-Mu supaya kami dapat menikmati damai sejahtera dalam hidup berkeluarga. Dalam nama-Mu kami berdoa. Amin.







Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon