12/07/2016

Belajar dari Binatang, RHK Rabu 7 Desember 2016

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
RHK Rabu, 7 Desember 2016
Yesaya 11:6-7



Dalam hidup sehari-hari, kita sering sangat tertarik jika melihat ada kucing bermain dengan anjing. Hal itu sangat sulit bahkan hampir tidak pernah terjadi karena kedua binatang itu secara umum sangat bermusuhan dan berkelahi. Kalau terjadi persahabatan antara anjing dan kucing apalagi bermain bersama, orangpun berkomentar, sedangkan binatang boleh rukun, apalagi manusia. Ini memang sangat ironis karena banyak manusia suka bermusuhan, suka berkelahi dan tidak mau hidup rukun apalagi bermain dan bercanda bersama. Terhadap hal ini orangpun berkata belajarlah pada binatang.

Kalau kita perhatikan bacaan ini, ada penggambaran dari Yesaya bahwa, ternyata sekalipun binatang buas kalau diperlakukan dengan benar dan adil mereka dapat hidup rukun. Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya. Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anaknya akan sama-sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu. Hal ini mau mengatakan bahwa dimana ada suasana damai maka tidak ada lagi orang yang berperilaku jahat kepada yang lemah, semua akan duduk, berbaring dan makan bersama.

Sebagai keluarga kristen, kita diingatkan juga supaya dapat menciptakan damai dalam keluarga. Tidak ada alasan untuk tidak dapat mewujudkan damai dalam keluarga. Sedangkan binatang saja bisa hidup berdampingan dengan damai apalagi kita manusia. Harus diakui hal ini dapat kita wujudkan jika mempersilahkan Raja Damai yakni Yesus Kristus dari tunggul Isai, hadir dan menuntun kita melalui firman-Nya dalam hidup sehari-hari. Amin.

Doa: Terpujilah Engkau ya Tuhan Yesus. Kami songsong kedatangan-Mu. Tolonglah kami supaya dengan firman-Mu, Engkau menolong dan memampukan kami untuk hidup dengan damai sorgawi-Mu, di tengah keluarga kami. Amin.



Source: RHK Sinode GMIM


EmoticonEmoticon