12/04/2016

Keberhasilan Anak dalam Keluarga yang Diberkati Tuhan, RHK Minggu 4 Desember 2016

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
RHK Minggu, 4 Desember 2016
Yesaya 11:1


Kalau ditanya kepada kita, apakah yang menjadi ukuran sehingga sebuah keluarga kristen disebut sebagai keluarga yang menjadi berkat bagi orang lain? apakah uang, jabatan dan kepandaian? tentu saja tidak.  Tentu hal-hal itu penting, tapi tentu saja tidak menentukan untuk menjadi berkat bagi orang lain. Nyatanya dalam pengalaman, ada keluarga yang memiliki semua itu, tapi gagal untuk menjadi berkat bagi orang lain, termasuk anak-anaknya. Malah, hanya menjadi keluarga yang sibuk mengurus diri sendiri, tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan hidupnya.

Bagian Alkitab yang kita baca ini menyebutkan bahwa keluarga Isai, menjadi berkat bagi bangsa-bangsa. Hal ini disimbolkan dengan ungkapan suatu tunas akan keluar tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. Artinya, dari keturunan Isai yang tersisa akan ada seorang yang akan muncul dan berbuah atau berhasil dan menjadi berkat bagi orang banyak. Hal ini terjadi karena keluarga Isai dan keturunan Daud selanjutnya dikasihi dan diberkati Tuhan, karena mereka adalah keturunan yang mengenal dan takut akan Tuhan sekalipun pernah dihukum Tuhan sebagaimana diumpamakan seperti tunggul atau batang pohon yang ditebang namun dari tunas yang tumbuh darinya berbuah.

Sebagai keluarga yang takut akan Tuhan, mari kita terus beribadah dan melakukan kehendak-Nya, karena kita yakin akan diberkati, lebih khusus  anak-anak akan menjadi berkat bagi keluarga dan masyarakat. Tuhan memberkati kita sekalian. Amin.

Doa: Bapa di sorga, dalam rancangan-Mu kami boleh hidup dan berkarya, oleh sebab itu berkenanlah Engkau memberi kekuatan bagi kami untuk hidup sebagai keluarga yang takut akan Tuhan sehingga anak-anak kami terus berhasil dan menjadi berkat bagi orang lain. Amin.




Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon