12/10/2016

Rumah Keluarga Kristen: Tempat yang Mulia, RHK Sabtu 10 Desember 2016

GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
GoInspirit-Renungan Harian Keluarga
RHK Sabtu, 10 Desember 2016
Yesaya 11:10


Bagi orang kristen, rumah tempat tinggalnya bukan hanya sebuah bangunan, bukan pula hanya sekedar tempat tinggal tetapi mempunyai arti yang khusus dan penting, yaitu tempat yang mulia. Mengapa begitu? Dalam banyak kesempatan sering kita melihat ada hiasan dalam rumah yang bertuliskan: Jesus is the unseen Guest in this house. Artinya, Yesus adalah tamu yang tidak kelihatan dalam rumah ini. Tulisan ini bukan hanya sekedar hiasan tetapi mencerminkan adanya pengakuan bahwa Tuhan yang diimani oleh keluarga Kristen hadir di tempat tinggalnya walaupun tak terlihat. Jadi rumah keluarga Kristen bukan hanya tempat tinggal, tetapi adalah tempat dimana Tuhan Yesus hadir. Hal ini semakin jelas karena dikatakan oleh Yesus sendiri dalam Matius 18:20 “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.” Jadi dimana ada keluarga Kristen tinggal dan bersekutu di dalam nama Tuhan Yesus, maka ia hadir di tengah-tengah mereka.

Jika kita belajar dari bagian Alkitab yang kita baca ini maka terlihat bahwa jika suku-suku bangsa mencari Mesias yang dikiaskan sebagai taruk dari pangkal yang berdiri tegak bagi bangsa-bangsa, maka kediamannya akan menjadi mulia. Mulia bukan karena keindahan atau kemewahannya, tetapi karena Tuhan hadir di tengah-tengah mereka.

Sebagai keluarga Kristen kita sadar bahwa rumah tempat tinggal kita ternyata adalah mulia, karena Dia berkenan hadir di tengah-tengah kita. Oleh sebab itu mari kita hormati dan hayati kehadiran-Nya dan mari kita lakukan segala firman-Nya sebagai cerminan kehadiran Tuhan yang memuliakan kita. Amin. 

Doa: Tuhan Yesus, kami percaya Engkau hadir bersama kami saat ini, bahkan memuliakan kami yang mencari Engkau. Kami mohon mampukan kami untuk memantulkan kemuliaan-Mu melalui perkataan dan perbuatan, kerja dan karya setiap hari. Amin.




Source: RHK Sinode GMIM 2016


EmoticonEmoticon