1/27/2017

Keangkuhan Mengakibatkan Pertengkaran; RHK Jumat 27 Januari 2017

Goinspirit-Renungan Harian Keluarga

RHK Jumat 27 Januari 2017
Amsal 13:10

Keangkuhan adalah lawan dari kerendahan hati, bersifat sombong dan cenderung memandang hina orang lain. Orang yang angkuh menganggap dirinya lebih unggul dan lebih terhormat sehingga menuntut perhatian dan penghormatan secara berlebihan dari orang lain. Keangkuhan adalah sifat yang buruk dari seseorang dan sifat ini bersumber dari pikiran orang itu sendiri, sangat merugikan baik bagi yang bersangkutan maupun komunitas dimana dia beraktifitas.

Pertengkaran yang disebabkan oleh keangkuhan biasanya berlangsung lama, membutuhkan kerendahan hati untuk memulihkan hubungan yang rusak akibat dari adanya sifat angkuh atau sombong. Penderitaan hidup atau pergumulan adalah obat yang manjur untuk memproses atau mengubah orang-orang yang angkuh dan sombong. Kesuksesan dan kedudukan/jabatan yang tinggi adalah penyebab utama munculnya keangkuhan. Tidak sedikit orang-orang yang bersahabat atau berkawan dengan kita akhirnya sulit ditemui dan diajak berbicara atau berdiskusi apalagi memohon bantun jika mereka berada di posisi yang baik. Kesombonganlah yang telah mengubah sikap mereka, tepatlah kitab suci kita mengatakan bahwa ”kesombongan mendahului kehancuran, dan keangkuhan mendahului tersandung”. Mendengarkan nasihat akan memperoleh hikmat demikian penulis kitab amsal mengatakannya, jika anda mengalami keadaan seperti ini maka hal paling mendesak dilakukan adalah ubahlah cara berpikir anda maka dunia andapun akan berubah. Amin.

Doa: Beri kami sekeluarga hikmat-Mu dalam mencermati segala romantika hidup. Jauhkan kami dari sikap yang angkuh dan sombong. Agar karakter iman kami tumbuh selalu sesuai firman-Mu. Amin.




Source | RHK Sinode GMIM 2017


EmoticonEmoticon