1/26/2017

Orang Benar Gemilang, Orang Fasik Padam; RHK Kamis 26 Januari 2017

Goinspirit-Renungan Harian Keluarga


RHK Kamis 26 Januari 2017
Amsal 13:9

Sering kita mendengar dalam percakapan kenapa ada orang berbuat jahat, seperti tidak jujur, tetapi kehidupan mereka kelihatan bercahaya, hebat, gagah dan berkecukupan. Di pihak lain, ada orang yang selalu melakukan kebenaran, jujur setia dan memiliki karakter yang baik tetapi hidup mereka kelihatan susah bahkan menderita. Bahkan kita dengar orang jahat sering mengalahkan orang yang hidupnya baik atau benar. Menghadapi realita seperti ini, kadangkala ada orang kristen yang jadi masa bodoh bahkan akhirnya ikut-ikutan melakukan apa yang tidak baik sambil berpikir “mo jadi apa so, sedangkan orang jahat aman-aman saja”. Benarkah cara berperilaku dan berpikir seperti itu? mari kita belajar dari bagian Firman Tuhan yang kita baca ini.

Dengan tegas pengamsal menyebutkan bahwa ada beda antara orang benar dan orang fasik, walaupun diawal kelihatan sama dan aman-aman saja. Kedua-duanya mempunyai sinar, itulah sebabnya dipakai istilah cahaya untuk orang benar dan pelita bagi orang fasik. Pada awalnya sama tetapi pada akhirnya berbeda. Terang orang benar bercahaya gemilang, sedangkan pelita orang fasik padam. Jadi awalnya sama-sama terang, tetapi pada akhirnya berbeda, terang pada orang benar akan bercahaya gemilang sedangkan terang pada orang fasik, pelitanya bukan hanya redup tapi padam. Dari bagian Alkitab ini kita belajar, bahwa walaupun di mata dunia orang yang melakukan apa yang jahat, kelihatan senang dan aman-aman saja, tetapi ingat pada akhirnya semua itu akan hilang bahkan binasa. Sedangkan orang benar walaupun mereka terlihat biasa saja tetapi terang yang ada pada mereka bercahaya gemilang. Jadi orang benar gemilang yang berarti dapat bertahan dan memilki keselamatan tetapi orang fasik padam yang berarti tidak membahagiakan bahkan binasa. Oleh sebab itu, mari kita hidup benar dan jangan hidup atau ikut ikutan dengan cara hidup orang fasik. Kita tahu Tuhan memberkati orang benar dan menghukum orang fasik. Amin.

Doa: Bapa di Sorga, Engkau mengenal kami dan mengetahui apapun yang kami lakukan. Tolonglah kami untuk melakukan apa yang benar supaya hidup kami gemilang dan diselamatkan. Mampukan kami untuk tidak berperilaku seperti orang fasik. Amin.



Source | RHK Sinode GMIM 2017


EmoticonEmoticon