5/14/2017

Teriakan yang Menggugah; RHK Minggu 14 Mei 2017

goinspirit-renungan harian keluarga

RHK Minggu 14 Mei 2017
Nehemia 5:1-4

Orang yang kekurangan makanan dan lapar pasti mengeluh dan berteriak minta tolong. Sebab mereka mengalami penderitaan. Kebanyakan mereka adalah orang miskin dan yang berkurangan. Itulah yang terjadi bagi sebagian umat Tuhan yang baru saja pulang dari pembuangan di Babilonia, mereka menjerit dan mengeluh karena kekurangan makanan. Ada yang menggadaikan  ladang, kebun anggur dan rumah atau harta milik untuk mendapatkan bahan pangan. Ada yang meminjam uang kepada rentenir/pemuka/tokoh masyarakat dan penguasa untuk membajar pajak yang tinggi kepada pemerintah Persia. Mereka bergumul dan menderita. Tentu saja kita merasa prihatin dengan kejadian/kenyataan seperti itu. Di sekitar kita banyak orang miskin  yang menjerit, mengeluh dan berteriak minta tolong di tengah penderitaan karena tertindas dan lapar atau kekurangan makanan. Demikian juga banyak saudara-saudara kita yang karena bencana alam: banjir, tanah longsor, gempa bumi mengeluh dan berteriak karena belum mendapatkan bantuan makanan.

Sebagai gereja, keluarga orang percaya kita harus peka dan prihatin dengan penderitaan saudara dan sesama kita.  Karena itu sebagai gereja ,keluarga Kristen kita juga terpanggil untuk membantu dan menolong mereka yang menderita dan bergumul tentang kemiskinan dan kemelaratan hidup. Panggilan pelayanan kita adalah berdoa dan berdiakonia. Kita juga hendaknya membangun hubungan/relasi yang baik dengan sesama, terlebih bagi orang yang miskin dan yang menjadi korban karena ulah orang lain/sesama. Amin.

Doa: Ya Tuhan yang maha kasih dan pemurah anugerah-kanlah berkat bagi orang miskin dan yang kekurangan makanan. Mampukalah kami untuk menolong orang lain. Amin.



Source| RHK Sinode GMIM 2017


EmoticonEmoticon